TODAY
Halooo....
selamat siang blog readers wahahh tadi pagi adalah waktu yang seru banget.
Kayak biasa aku adalah orang yang kalau banyak tugas jadi bungung
sendiri. Semua tugas-tugas aku pikirkan aja dan bungung gimana mengerjakannya.
Baru ketika last minute semua inspirasi dateng hahaha, kayaknya yang
model begini udah jadi problematik mahasiswa deh kayaknya. Tapi rasanya
saat-saat menegangkan ngebut mengerjakan tugas dalam waktu last minute
itu seru banget dan bikin aku ngerasa hidup. But, aku tau yang kayak gitu gak
baik juga kalo diterus terusin. Ya jadi dikit-dikitlah aku bakal berubah buat
nyicil tugas dan gak dipikirin aja.
Oh iya
gara-gara last minute hari ini aku telat masuk kelas, tapi masih boleh
masuk kok walau ketinggalan beberapa bahasan. Aku rasa materi kuliah hari ini
sangat menyenangkan baik matkul Diag VI maupun Pendidikan Inklusif. Aku merasa
senang dan bersemangat kuliah hari ini karena materinya memang seru atau karena
peristiwa last minute yang bikin adrenalin naik itu ya? Bantu jawab dong
menurut kalian gimana.
Matkul pertama
adalah Diag VI, bahas tentang tes proyeksi. Aku masuk kelas, temen-temen pada
gambar. Katanya sih disuruh gambar bebas apa aja yang menggambarkan emosi dan
perasaan saat ini. Ya aku ikutin aja, awalnya aku gak tau mau menggambar apa
tapi aku lagi gak pengen mikir apapun. Jadi aku gerakin aja tanganku bentuk
garis lengkung, dan terlintas buat gambar mata yang besar. Setelah gambar mata
selesai aku jadi mikir masak iya cuman gambar mata doang, akhirnya aku lanjutin
mata itu dan terbentuklah burung. Entah burung atau ayam ya, yang pasti sejenis
unggas. Setelah selesai, dosen minta semua mahasiswa buat nulis deskripsi dari
gambar dan suasana perasaan kita saat itu di kertas lain. Abis itu gambar yang
udah dibuat disuruh menukar dengan gambar teman disamping. Jadi kali ini kita
belajar meramal, menebak emosi apa yang dirasakan sama yang menggambar.
Sebagian besar jawaban ada yang benar tapi ada juga yang kurang tepat, karena
dipengaruhi apersepsi masing-masing individu.
Jadi inti
pelajaran yang diperoleh dari matkul pertama kali ini adalah, bahwa semua yang
kita gambar secara sadar ataupun tidak, itu bisa menggambarkan pribadi kita.
Selain itu juga semua komentar yang kita katakan, sebenarnya secara tidak
langsung juga merupakan gambaran pribadi kita. Terlepas dari kita menyadarinya
atau tidak, apapun yang kita gambar, katakan, lakukan, sukai, maupun benci,
merupakan gambaran diri kita. Buktinya tadi ketika aku menggambar dan gak
membayangkan apapun tapi gambarku ketika dilihat oleh temanku dan dimaknai
jawabannya juga gak terlalu melenceng jauh, dan aku memang mengalaminya (Baik
aku menyadarinya maupun tidak, tapi aku merasa, jika itu benar). Terus tadi
ketika aku mengomentari gambar temanku, aku hanya fokus ke gambarnya kira-kira
intinya apa. Namun setelah ditulis dan aku ungkapkan, loh kok itu seperti yang
pernah aku alami, kok itu kayaknya aku. Jadi ketahuan deh hehehe
Tebakan temanku
mengenai hasil gambarku, 1.) gambar burung artinya bebas, jadi saat itu aku
sedang ingin merasa bebas (Cocok sekali, aku selalu ingin bebas melakukan
apapun termasuk menggambar tadi aku gak memikirkan apapun dan gambar aja
jadilah burung), 2.) Kaki seperti mencengkeram, menggambarkan tujuan, bahwa aku
memiliki kemauan yang kuat untuk mencapai tujuanku (Untuk yang ini aku rasa
juga benar hanya saja aku tidak terlalu menyadarinya). Untuk lebih lengkapnya
gimana belom terlalu dibahas, tapi ada temanku yang lain juga mengomentari
gambarku. Ada gambar mata namun secara lengkap bentuk burung, aku adalah orang
yang gak mau berhenti di satu titik saja, aku selalu ingin melakukan sesuatu
yang lain lebih dan lebih. Untuk lebih lengkapnya gimana aku juga gak paham,
kan itu gambar nunjukin diriku yang terdalam, dan aku sendiri gak menyadarinya. Terimakasih buat
kalian yang udah mencoba menginterpretasikan gambarku.
Matkul
selanjutnya adalah Pendidikan Inklusif. Buat yang pelum tau pendidikan inklusif
itu apa nih aku kasih tau dikit. Jadi di matkul ini kita belajar tentang sistem
pendidikan yang menampung semua siswa baik yang berkebutuhan khusus maupun
siswa normal. Kuliah di psikologi selain belajar tentang perilaku, emosi dan
perasaan aku juga belajar tentang anak-anak berkebutuhan khusus, karakteristiknya,
pendidikannya dan juga cara memberi perlakuan kepada mereka.
Hari ini yang
presentasi adalah kelompok 2 materinya membahas tentang Prevalensi, Jenis dan
karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus. Penjelasan dan diskusinya panjang jadi
aku gak akan mengulas ulang. Pengetahuan baru yang aku dapatkan, selama ini
yang aku tau ada 5 jenis anak berkebutuhan khusus (Tunanetra, Tunadaksa,
Tunagrahita, Tunarungu, dan Tunalaras). Tapi hari ini dijelaskan ada 12 jenis
anak berkebutuhan khusus dan aku lagi gak pengen sebutun satu-satu. Habis itu
dosen mengkroscek bahwa sebenarnya ada 10 jenis anak berkebutuhan khusus, dari
12 yang disebutkan tadi yang 2 bukan jenis/kategori ABK tapi merupakan salah
satu sasaran sekolah inklusif. Dan tadi ada beberapa klarifikasi mengenai
Tunagrahita dan Slow Learner, yang awalnya aku kira slow learner itu masuk
kategori tunagrahita ringan ternyata beda. Intinya Slow learner itu ada di
bawah IQ normal, namun di atas IQ tunagrahita. Selain itu juga tentang Anak
yang mengalami kesulitan belajar disleksia, disgrafia, dan diskalkulia. Selain
itu juga informasi bahwa Downsyndrom bukan karena genetik tapi disebabkan oleh
kelebihan kromosom. Beberapa klarifikasi belum tuntas tapi waktunya sudah
habis, jadi aku gak terlalu fokus lagi.
Oh iya dari
kemarin aku juga bingung pengen pulang kamis sore. Soalnya dirumah alm.nenek
ada pengajian keluarga. Rencana ini udah aku planing dari senin karena senin
itu dikasih info ibu kalau kamis ada pengajian keluarga. Terus hari rabu
kemaren matkul Permasalahan Perkembangan Anak dan Remaja kosong dan di ganti
jumat pagi. Mau bolos tapi itu matkul pilihan yang mahasiswanya cuman dikit,
jadi pasti kelihatan banget siapa saja yang bolos. Akhirnya kemarin malam aku
telfon ibuk dan bilang kalau bingung mau pulang apa enggak soalnya ada kuliah
jumat. Ibuk bilang pulang jumat habis kuliah aja gak apa, gak perlu bolos.
Walau udah dikasih tau seperti itu sampai hari ini aku masih kepikiran dan
pengen cepet pulang. Tapi yasudahlah, ibuk bilang begitu jadi besok tetap
kuliah aja.
Tadi aku pulang
kuliah niatnya mau ngambil Printer yang aku titipkan di kos temen. Jadi aku mau
ke kos dia dulu laku ke kosku dan balik ke kampus buat ambil sepeda. Terus
bebelom pulang ada temen yang mau bareng temenku itu buat ngambil STNK yang
ketinggalan di kos. Jadi kita mau bonceng 3, “tiinggg” Muncul ide kalau aku
naik sepeda sendiri aja ke kos temenku itu, jadi dia bisa nganter temenku ambil
STNK dan langsung otw kosnya. Sampai depan parkiran aku turun dan niat mau
ambil sepeda, temenku langsung cuss. Aku cari-cari, aku inget-inget, biasanya
sepedaku tak taruh paling pinggir depan parkiran tapi hari ini tak taruh mana
ya? Aku tadi bawa sepeda gak ya? Mikiirrr mikiirrr mikirrr dan aku inget kalau
tadi pagi sepedaku tak titipin di kos temen dan aku berangkat ke kampus bareng
temen naik motornya. Aseeekkk, ngalamat jalan kaki nih, oke deh gak apa.
Akhirnya aku jalannn jalaannn dan jalaann, baru aku inget tadi temenku ambil
STNK pasti balik lagi ke kampus dong. Ok, aku tunggu di sini aja *Pinggir jalan*
sambil beli Sempol (Jajanan khas malang, yang baru aku temui di surabaya).
Daannn ketika pesen temenku lewat, haduh tak panggil dang denger, gak noleh.
Serius dan khusyuk amat sih naik motornya kayak orang lagi ibadah. Sambil
nunggu sempolnya di goreng, temanku gak balik-balik brati dia gak lewat sini
lagi. Yasudah akhirnya aku beneran jalan kaki kee kos temenku itu buat ngambil
printer, karena printer ini udah hampir 2 bulan nginep di kosnya.
Ada hikmahnya
juga pulang besok jumat, jadi bisa ambil printer dan barusan juga ada kabar
kalau form apa gitu dibagikan sama DPA, disuruh ngisi dan dikumpulkan besok. Thanks
buat yang baca. Happy New Day and Se ya :D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
bagi yang suka cuap" nulis apa j d coment a eaahhh ^_^