Kamis, 08 September 2016

TODAY



TODAY

Halooo.... selamat siang blog readers wahahh tadi pagi adalah waktu yang seru banget. Kayak biasa aku adalah orang yang kalau banyak tugas jadi bungung sendiri. Semua tugas-tugas aku pikirkan aja dan bungung gimana mengerjakannya. Baru ketika last minute semua inspirasi dateng hahaha, kayaknya yang model begini udah jadi problematik mahasiswa deh kayaknya. Tapi rasanya saat-saat menegangkan ngebut mengerjakan tugas dalam waktu last minute itu seru banget dan bikin aku ngerasa hidup. But, aku tau yang kayak gitu gak baik juga kalo diterus terusin. Ya jadi dikit-dikitlah aku bakal berubah buat nyicil tugas dan gak dipikirin aja.
Oh iya gara-gara last minute hari ini aku telat masuk kelas, tapi masih boleh masuk kok walau ketinggalan beberapa bahasan. Aku rasa materi kuliah hari ini sangat menyenangkan baik matkul Diag VI maupun Pendidikan Inklusif. Aku merasa senang dan bersemangat kuliah hari ini karena materinya memang seru atau karena peristiwa last minute yang bikin adrenalin naik itu ya? Bantu jawab dong menurut kalian gimana.
Matkul pertama adalah Diag VI, bahas tentang tes proyeksi. Aku masuk kelas, temen-temen pada gambar. Katanya sih disuruh gambar bebas apa aja yang menggambarkan emosi dan perasaan saat ini. Ya aku ikutin aja, awalnya aku gak tau mau menggambar apa tapi aku lagi gak pengen mikir apapun. Jadi aku gerakin aja tanganku bentuk garis lengkung, dan terlintas buat gambar mata yang besar. Setelah gambar mata selesai aku jadi mikir masak iya cuman gambar mata doang, akhirnya aku lanjutin mata itu dan terbentuklah burung. Entah burung atau ayam ya, yang pasti sejenis unggas. Setelah selesai, dosen minta semua mahasiswa buat nulis deskripsi dari gambar dan suasana perasaan kita saat itu di kertas lain. Abis itu gambar yang udah dibuat disuruh menukar dengan gambar teman disamping. Jadi kali ini kita belajar meramal, menebak emosi apa yang dirasakan sama yang menggambar. Sebagian besar jawaban ada yang benar tapi ada juga yang kurang tepat, karena dipengaruhi apersepsi masing-masing individu.
Jadi inti pelajaran yang diperoleh dari matkul pertama kali ini adalah, bahwa semua yang kita gambar secara sadar ataupun tidak, itu bisa menggambarkan pribadi kita. Selain itu juga semua komentar yang kita katakan, sebenarnya secara tidak langsung juga merupakan gambaran pribadi kita. Terlepas dari kita menyadarinya atau tidak, apapun yang kita gambar, katakan, lakukan, sukai, maupun benci, merupakan gambaran diri kita. Buktinya tadi ketika aku menggambar dan gak membayangkan apapun tapi gambarku ketika dilihat oleh temanku dan dimaknai jawabannya juga gak terlalu melenceng jauh, dan aku memang mengalaminya (Baik aku menyadarinya maupun tidak, tapi aku merasa, jika itu benar). Terus tadi ketika aku mengomentari gambar temanku, aku hanya fokus ke gambarnya kira-kira intinya apa. Namun setelah ditulis dan aku ungkapkan, loh kok itu seperti yang pernah aku alami, kok itu kayaknya aku. Jadi ketahuan deh hehehe
Tebakan temanku mengenai hasil gambarku, 1.) gambar burung artinya bebas, jadi saat itu aku sedang ingin merasa bebas (Cocok sekali, aku selalu ingin bebas melakukan apapun termasuk menggambar tadi aku gak memikirkan apapun dan gambar aja jadilah burung), 2.) Kaki seperti mencengkeram, menggambarkan tujuan, bahwa aku memiliki kemauan yang kuat untuk mencapai tujuanku (Untuk yang ini aku rasa juga benar hanya saja aku tidak terlalu menyadarinya). Untuk lebih lengkapnya gimana belom terlalu dibahas, tapi ada temanku yang lain juga mengomentari gambarku. Ada gambar mata namun secara lengkap bentuk burung, aku adalah orang yang gak mau berhenti di satu titik saja, aku selalu ingin melakukan sesuatu yang lain lebih dan lebih. Untuk lebih lengkapnya gimana aku juga gak paham, kan itu gambar nunjukin diriku yang terdalam, dan  aku sendiri gak menyadarinya. Terimakasih buat kalian yang udah mencoba menginterpretasikan gambarku.
Matkul selanjutnya adalah Pendidikan Inklusif. Buat yang pelum tau pendidikan inklusif itu apa nih aku kasih tau dikit. Jadi di matkul ini kita belajar tentang sistem pendidikan yang menampung semua siswa baik yang berkebutuhan khusus maupun siswa normal. Kuliah di psikologi selain belajar tentang perilaku, emosi dan perasaan aku juga belajar tentang anak-anak berkebutuhan khusus, karakteristiknya, pendidikannya dan juga cara memberi perlakuan kepada mereka.
Hari ini yang presentasi adalah kelompok 2 materinya membahas tentang Prevalensi, Jenis dan karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus. Penjelasan dan diskusinya panjang jadi aku gak akan mengulas ulang. Pengetahuan baru yang aku dapatkan, selama ini yang aku tau ada 5 jenis anak berkebutuhan khusus (Tunanetra, Tunadaksa, Tunagrahita, Tunarungu, dan Tunalaras). Tapi hari ini dijelaskan ada 12 jenis anak berkebutuhan khusus dan aku lagi gak pengen sebutun satu-satu. Habis itu dosen mengkroscek bahwa sebenarnya ada 10 jenis anak berkebutuhan khusus, dari 12 yang disebutkan tadi yang 2 bukan jenis/kategori ABK tapi merupakan salah satu sasaran sekolah inklusif. Dan tadi ada beberapa klarifikasi mengenai Tunagrahita dan Slow Learner, yang awalnya aku kira slow learner itu masuk kategori tunagrahita ringan ternyata beda. Intinya Slow learner itu ada di bawah IQ normal, namun di atas IQ tunagrahita. Selain itu juga tentang Anak yang mengalami kesulitan belajar disleksia, disgrafia, dan diskalkulia. Selain itu juga informasi bahwa Downsyndrom bukan karena genetik tapi disebabkan oleh kelebihan kromosom. Beberapa klarifikasi belum tuntas tapi waktunya sudah habis, jadi aku gak terlalu fokus lagi.
Oh iya dari kemarin aku juga bingung pengen pulang kamis sore. Soalnya dirumah alm.nenek ada pengajian keluarga. Rencana ini udah aku planing dari senin karena senin itu dikasih info ibu kalau kamis ada pengajian keluarga. Terus hari rabu kemaren matkul Permasalahan Perkembangan Anak dan Remaja kosong dan di ganti jumat pagi. Mau bolos tapi itu matkul pilihan yang mahasiswanya cuman dikit, jadi pasti kelihatan banget siapa saja yang bolos. Akhirnya kemarin malam aku telfon ibuk dan bilang kalau bingung mau pulang apa enggak soalnya ada kuliah jumat. Ibuk bilang pulang jumat habis kuliah aja gak apa, gak perlu bolos. Walau udah dikasih tau seperti itu sampai hari ini aku masih kepikiran dan pengen cepet pulang. Tapi yasudahlah, ibuk bilang begitu jadi besok tetap kuliah aja.
Tadi aku pulang kuliah niatnya mau ngambil Printer yang aku titipkan di kos temen. Jadi aku mau ke kos dia dulu laku ke kosku dan balik ke kampus buat ambil sepeda. Terus bebelom pulang ada temen yang mau bareng temenku itu buat ngambil STNK yang ketinggalan di kos. Jadi kita mau bonceng 3, “tiinggg” Muncul ide kalau aku naik sepeda sendiri aja ke kos temenku itu, jadi dia bisa nganter temenku ambil STNK dan langsung otw kosnya. Sampai depan parkiran aku turun dan niat mau ambil sepeda, temenku langsung cuss. Aku cari-cari, aku inget-inget, biasanya sepedaku tak taruh paling pinggir depan parkiran tapi hari ini tak taruh mana ya? Aku tadi bawa sepeda gak ya? Mikiirrr mikiirrr mikirrr dan aku inget kalau tadi pagi sepedaku tak titipin di kos temen dan aku berangkat ke kampus bareng temen naik motornya. Aseeekkk, ngalamat jalan kaki nih, oke deh gak apa. Akhirnya aku jalannn jalaannn dan jalaann, baru aku inget tadi temenku ambil STNK pasti balik lagi ke kampus dong. Ok, aku tunggu di sini aja *Pinggir jalan* sambil beli Sempol (Jajanan khas malang, yang baru aku temui di surabaya). Daannn ketika pesen temenku lewat, haduh tak panggil dang denger, gak noleh. Serius dan khusyuk amat sih naik motornya kayak orang lagi ibadah. Sambil nunggu sempolnya di goreng, temanku gak balik-balik brati dia gak lewat sini lagi. Yasudah akhirnya aku beneran jalan kaki kee kos temenku itu buat ngambil printer, karena printer ini udah hampir 2 bulan nginep di kosnya.
Ada hikmahnya juga pulang besok jumat, jadi bisa ambil printer dan barusan juga ada kabar kalau form apa gitu dibagikan sama DPA, disuruh ngisi dan dikumpulkan besok. Thanks buat yang baca. Happy New Day and Se ya :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bagi yang suka cuap" nulis apa j d coment a eaahhh ^_^